Golongan Umat Islam menurut Islam sendiri

Baca Juga

(Menggugat penggolongan Umat Islam oleh Christian Snouck Hurgronje)

Jika anda sudah membaca tentang pengelompokan umat oleh Christian Snouck Hurgronje dengan konsep devide et impera pada zaman pejajahan kolonial Belanda tahun 1800an. Dan penegasan Pengelompokan umat Islam oleh penelitian clift pada tahun 1980. Umat Islam dikelompokkan atas Islam Abangan, Islam Priyayi dan Islam santri. Anda mungkin sudah memahami maksud dari pengelompokan ini yaitu tidak lain untuk memecah belah umat islam, agar terjadi saling curiga dan saling merasa benar sendiri serta saling berbangga dengan kelompoknya. Lihat tulisan menggugat politik devide Et Impera.

Pada kesempatan ini, Insya Allah kita akan membahas tentang pengelompokan umat Islam menurut ajaran Islam sendiri. Dan tulisan ini sebenarnya termasuk bagian dari pengembangan Buku Islam jalan Lurus. Buku yang diselesaikan pada tahun 2012 ini menggunakan Alquran dan Al hadits sebagai rujukan utama. Tidak heran jika pernah dikritik ulama karena tidak mengambil literatur dari kitab-kitab ulama terdahulu. Karena sesungguhnya Alquran dan hadits menurut penulis telah memberikan gambaran yang sempurna tentang Islam. 

Dan penggolongan umat islam berdasarkan ketaqwaannya telah dinyatakan Allah dalam Alquran

Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. QS. 49:13.

Pengelompokan umat Islam akan kita bahas dalam empat bagian. Adapun pengelompokan umat Islam tersebut adalah sebagai berikut :

dan untuk memahami hubungannya secara keseluruhannya, ada baiknya anda juga memahami terlebih dahulu penjelasan tentang :
sahabat Indonesia berubah Golongan Umat Islam menurut Islam sendiri Alquran hadits

Tulisan ini dibuat berkaitan dengan pertanyaan seorang sahabat afdol melalui BBM tentang mengapa web Hikmah 313 menggunakan angka 31 sebagai alamatnya Hikmah 313 atau lengkapnya http://31.ayobai.org

Oleh karenanya tulisan ini dibuat dalam bentuk sederhana dan singkat untuk memudahkan pemahaman kita. untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci, sahabat afdol dapat membaca buku Islam Jalan Lurus. dan dapat didownload di web Hikmah 313 tersebut.

Jika Anda menemukan kata-kata penting yang tidak ada dalil atau bertentangan dengan Alquran dan Hadits, kiranya dapat saling mengingatkan. Semoga bermanfaat dan barokah.


Artikel terkait

Jakarte Punye Aye 2783601421159463601

Posting Komentar

Comments
0 Comments

emo-but-icon

Cari Informasi Lain

item