Mengenal Waktu Tahun Baru berbagai Kalender dunia

Baca Juga

Tentunya para Sahabat Indonesia Berubah tidak asing dengan pamahaman waktu tahun baru adalah saat tengah malam pada tanggal 31 Desember. Berbagai kemeriahan dilakukan orang-orang menjelang waktu pergantian tahun tersebut. Perayaan detik-detik menjelang pergantian tahun baru tersebut biasa dilakukan dengan membunyikan lonceng, terompet dan menyalakan kembang api. Dan tepat tengah malam atau dini hari pada jam 24 atau 00 inilah pergantian waktu atau awal waktu bagi kalender Masehi.
Mengenal Waktu Tahun Baru berbagai Kalender  dunia

Namun ternyata awal waktu tahun baru itu bukan hanya tanggal 31 desember pada jam 24 saja. Masih terdapat beberapa kalender lain yang menggunakan waktu berbeda sebagai awal waktu tahun barunya baik dari tanggal maupun jamnya. Sebut saja kalender Imlek yang digunakan China, Kalender Yahudi dan kalender Hijriah yang digunakan umat Islam.

Kalender Imlek atau China berusia lebih tua dari kalender masehi yakni yakni 2568 Tahun Kalender. Kalender Imlek ini menjadikan waktu sebelum tengah malam sebagai awal waktunya atau tepatnya pada pukul 23. Sedangkan untuk tanggalnya berubah setiap tahunnya sesuai dengan pergeseran kalendernya. Hal ini karena Kalender Imlek menggunakan kalender sistem lunisolar atau menggabungkan antara perhitungan bulan dan matahari sebagai dasarnya kalendernya. 

Dan selanjutnya Kalender Yahudi yang berusia jauh lebih tua dari kalender Imlek dan Masehi. Kalender yang telah berusia 5778 Tahun ini menggunakan sistem yang sama dengan Kalender Imlek yakni Lunisolar. Untuk tanggal tahun barunya juga selalu berubah . demikian juga awal waktunya juga berbeda dari kalender yang telah disebut di atas. Kalender Yahudi ini menjadikan waktu magrib sebagai awal waktu dan pergantian harinya. Hal ini kemungkinan karena magrib adalah waktu pergantian siang menjadi malam.

Sementara Kalender lain merupakan kalender yang paling muda diantara kalender sebelumnya yaitu kalender Islam atau kalender Hijriah. Disebut juga sebagai kalender Hijriah karena tahun awalnya dihitung berdasarkan tahun terjadinya peristiwa besar yaitu hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Kalender Hijriah adalah kalender yang disusun berdasarkan perhitungan bulan (lunar) atau yang dikenal dengan kalender komariah. dengan sistem ini maka tanggal jatuh tahun barunya selalu bergeser lebih cepat sekitar sebelas hari setiap tahunnya jika dilihat menggunakan kalender masehi. Sedangkan untuk awal waktunya bahwa pemahaman kalender islam dapat dibagi atas tiga kelompok yaitu 
  1.  Magrib sebagai awal waktu atau pergantian waktu sama seperti Kalender Yahudi
  2. Tengah Malam atau pukul 24:00 sebagai pergantian waktu seperti halnya kalender masehi
  3. Terbit Fajar atau subuh sebagai awal waktu dimana waktu ini adalah pergantian hari dari malam menjadi siang.
Semoga Mengenal Waktu Tahun Baru berbagai Kalender dunia ini dapat bermanfaat bagi kita

Artikel terkait

Waktu 3254327398023132723

Posting Komentar

Comments
0 Comments

emo-but-icon

Cari Informasi Lain

item